
WORKSHOP PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng aktif menyongsong kurikulum merdeka dengan menggelar workshop pembuatan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 di Aula SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng. Workshop kali ini bertujuan untuk mempersiapkan koordinator untuk menentukan tema setiap projek yang diimplementasikan dalam satuan pendidikan serta penguatan para guru kelas 7 dalam menghadapi kurikulum merdeka yang diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023.
SMP A. Wahid Hasyim Hasyim Tebuireng mendatangkan narasumber yang kompeten dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang yaitu Abdul Rochim, S.Pd.,MM. “Beliau siap membimbing guru SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng dalam penyusunan segala perangkat yang akan digunakan dalam penerapan kurikulum merdeka, diantaranya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” kata Kepala SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Dwi Rahmat Siswoyo, S.Pd.
Projek Penguatatan Profil Pelajar Pancasila atau sering disingkat menjadi P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu, yang bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan dilingkungan sekitar. Adanya pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka menjadi hal baru bagi pendidik dan peserta didik, memberikan tantangan baru bukan hanya bagi siswa namun juga semua warga sekolah dalam Fase D.
Materi workshop yang diberikan adalah tahap-tahap untuk mengembangkan projek penguatan profil pelajar pancasila pada peserta didik. Dengan koordinasi dan diskusi melalui workshop, pembelajaran projek telah disepakati mengenai 3 tema projek yang akan dilaksanakan dalam tahun pelajaran 2022 / 2023 ini adalah :
- Suara Demokrasi, dengan topik projek “Pemilihan Pengurus OSIS Sebagai Pembelajaran Demorasi Masa Kini”
- Bangunlah Jiwa Raganya
- Bhineka Tunggal Ika
Kami sangat berharap projek penguatan profil pelajar pancasila dapat berjalan lancar dan menjadi awal kemajuan SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng khususnya dalam menerapkan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran projek. (agus)