Pesantren Tebuireng adalah salah satu pesantren tua di Indonesia, diririkan tahun 1899 oleh Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari yang juga pendiri dan Rais Akbar Nahdlatul Ulama. Melalui perjuangan yang tidak ringan KH. M. Hasyim Asy’ari berhasil mengembangkan pesantren yang didirikannya, bahkan menjadi mercusuar pesantren pada waktu itu.

Pesantren identik dengan pembelajaran kitab klasik yang lebih lazim dikenal dengan kitab kuning, bahkan semua kitab – sebagai bahan ajar utamanya- semua berbahasa Arab dicampur bahasa Jawa dengan tulisan pegonnya.

Namun Tebuireng, melalui KH. A. Wahid Hasyim, putra KH. M. Hasyim Asy’ari sudah memulai mengajarkan pelajaran-pelajaran umum seperti bahasa Belanda dan bahasa Jepang serta ilmu berhitung. Juga model pembelajaran secara klasikal yang di pesantren waktu itu tidak lazim dilakukan. Bukan tidak ada tantangan, beberapa wali santri bahkan menarik putranya dari Tebuireng karena kurang setuju dengan kebijakan ini.

SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng didirikan pada era kepengasuhan KH. M. Yusuf Hasyim pada tahun 1975 bersamaan dengan SMA A. Wahid Hasyim sebagai jawaban dari banyaknya wali santri yang menginginkan putranya tidak ketinggalan dengan pelajaran-pelajaran agama.

Dengan usia yang cukup lama ini, SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng cukup berpengalaman dalam dunia pendidikan yang berbasis pesantren. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kurikulum Diniyah Pesantren.

Visi SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng adalah “Terbentuknya Manusia  Yang Beriman, Berakhlak Mulia, Unggul Dalam Prestasi, Peduli Lingkungan dan Mandiri

Saat ini status sekolah terakreditasi “A”, dan oleh LPMP Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ditunjuk menjadi salah satu Sekolah Model yang berorientasi pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta pernah memperoleh sertifikat sekolah Adiwiyata Nasional.

Didukung dengan lebih kurang 23 ekstrakurikuler yang bersifat akademik, olah raga, ketrampilan dan keagamaan, para siswa dibina dan dibimbing untuk memaksimalkan potensi dirinya sehingga bisa berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya. Hasil dari pembinaan tersebut, siswa sekolah ini telah memperoleh berbagai kejuaraan baik akademik maupun non akademik, tingkat kabupaten hingga nasional.

DATA KEPALA SEKOLAH

NO.TAHUNNAMA KEPALA SEKOLAH
11975-1982Drs. H. Tamoenadjat
21982-1988Hj. S. Ambarwati, BA.
31988-2000Dra. Hj. Chumaijah Noor
42000-2007Drs. Ismail
52007-2010Hadi Mulyono, S.Pd.
62010-2014A.Ainur Rofiq, ST. M.PdI.
72014-sekarangAnas, M.HI.